Kamis, 15 November 2018

Apa Itu Dexamethasone?


Nama Generik: Dexamethasone
Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.
Penggunaan
Untuk apa obat Dexamethasone?
Dexamethasone adalah obat yang berfungsi untuk mengobati kondisi seperti arthritis, gangguan darah/hormon/sistem kekebalan tubuh, reaksi alergi, masalah kulit dan mata tertentu, masalah pernapasan, gangguan usus tertentu, dan kanker tertentu. Obat ini juga digunakan sebagai tes untuk gangguan kelenjar adrenal (sindrom Cushing).
Obat dexamethasone adalah hormon kortikosteroid (glukokortikoid). Obat ini mengurangi respon defensif alami tubuh dan mengurangi gejala seperti pembengkakan dan reaksi alergi.
Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah mual dan muntah yang disebabkan oleh kemoterapi kanker.

Bagaimana aturan pakai Dexamethasone?
Minumlah obat ini sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter Anda. Konsumsilah dengan makanan atau susu untuk mencegah sakit perut. Minumlah obat ini dengan segelas penuh air (240 mililiter) kecuali dokter Anda menyarankan sebaliknya. Jika Anda menggunakan obat dalam bentuk cair, gunakanlah alat penakar obat. Jangan gunakan sendok rumahan.
Jika Anda mengonsumsi obat ini sekali sehari, gunakan pada pagi hari sebelum jam 09:00. Jika Anda minum obat ini setiap hari atau pada jadwal lain selain jadwal harian, tandai kalender Anda dengan pengingat.
Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Dokter Anda mungkin mencoba untuk mengurangi dosis Anda secara perlahan-lahan dari waktu ke waktu untuk meminimalkan efek samping.
Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Penting untuk terus minum obat ini bahkan bila Anda telah merasa lebih baik. Ikuti jadwal penggunaan dosis secara hati-hati, dan minum obat ini persis sesuai yang ditentukan.
Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Beberapa kondisi bisa menjadi lebih buruk ketika penggunaan obat ini tiba-tiba berhenti. Dosis Anda mungkin perlu diturunkan secara bertahap. Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk.
Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.
Bagaimana cara menyimpan Dexamethasone?
Dexamethasone adalah salah satu obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.
Dosis
Bagaimana dosis Dexamethasone untuk orang dewasa?
Untuk mengobati  Acute Mountain Sickness (AMS), Croup, asma, dan anti-inflamasi, dosis dexamethasone adalah:
·         Oral, infus, dan suntikkan dalam bentuk natrium fosfat: 0,75-9 mg per hari dalam dosis yang terbagi setiap 6-12 jam.
·         Suntikkan dalam bentuk asetat: 8-16 mg, dapat diulang tiap 1-3 minggu.
·         Suntikkan dalam bentuk asetat: 0,8-1,6 mg.
·         Suntikkan ke sendi atau jaringan lunak dalam bentuk asetat: 4-16 mg, dapat diulang tiap 1-3 minggu.
Untuk mengobati edema cerebri, dosis dexamethasone adalah:
·         Dosis awal 10 mg IV sekali, diikuti oleh 4 mg suntikkan setiap 6 jam sampai gejala edema cerebri mereda. Dosis dapat dikurangi setelah 2-4 hari dan dihentikan perlahan selama 5-7 hari.
Untuk mengobati sindrom Cushing, dosis dexamethasone dalah:
·         Tes supresi atau diagnosis sindrom Cushing: 1 mg per oral pada jam 23:00. Pengukuran kortisol plasma darah pada jam 8:00 pagi keesokannya. Atau, berikan 0,5 mg per oral setiap 6 jam selama 48 jam (dengan pengumpulan urin 24 jam untuk ekskresi 17-hydroxycorticosteroid).
Utuk mengobati mual/muntah akibat kemoterapi, dosis dexamethasone adalah:
·         Profilaksis: 10 mg-20 mg per oral atau infus, 15-30 menit sebelum pengobatan selama hari pengobatan.
·         Untuk infus kontinyu dari kemoterapi: 10 mg oral atau infus setiap 12 jam selama hari pengobatan.
·         Untuk terapi ringan emetogenik: 4 mg oral, infus atau suntik setiap 4-6 jam.
·         Mual dan muntah tertunda: 8 mg per oral setiap 12 jam selama 2 hari  kemudian 4 mg setiap 12 jam selama 2 hari. Atau, berikan 20 mg per oral 1 jam sebelum kemoterapi.
Untuk mengobati syok, dosis dexamethasone adalah:
·         Krisis addisonian/syok: 4-10 mg infus sebagai dosis tunggal, ulangi jika perlu.
·         Syok tidak responsif: 1-6 mg/kg infus sebagai dosis tunggal atau sampai dengan 40 mg untuk dosis awal diikuti oleh pengulanagan dosis setiap 2 sampai 6 jam selama syok berlangsung.
Untuk mengobati multiple mieloma, dosis dexamethasone adalah:
·         Oral dan infus: 40 mg/hari, hari 1-4, 9-12, dan 17-20, diulang setiap 4 minggu (penggunaan tunggal atau sebagai bagian dari pengobatan kombinasi).
Untuk mengobati multiple sclerosis, dosis dexamethasone adalah:
·         Oral: 30 mg/hari selama 1 minggu, diikuti oleh 4 sampai 12 mg/hari selama 1 bulan.
Untuk mengobati insufisiensi adrenal, dosis dexamethasone adalah:
·         Pengganti fisiologis: Oral, suntik, infus (harus diberikan dalam bentuk natrium fosfat): 0,03-0,15 mg/kg/hari atau 0,6-0,75 mg/m2/hari dalam dosis terbagi setiap 6 sampai 12 jam
Bagaimana dosis Dexamethasone untuk anak?
Dosis dexamethasone untuk anak penderita edema cerebri
·         Dosis awal: 1-2 mg/kg sekali per oral, infus atau suntik.
·         Dosis pemeliharaan: 1-1,5 mg/kg/hari, diberikan dalam dosis terbagi setiap 4-6 jam selama 5 hari kemudian dosis diturunkan perlahan selama 5 hari, kemudian dihentikan penggunaannya.
·         Dosis maksimum: 16 mg/hari.
Dosis dexamethasone untuk anti-inflamasi pada anak
·         0,08-0,3 mg/kg/hari atau 2,5-5 mg/m2/hari dalam dosis terbagi setiap 6-12 jam.
Dosis dexamethasone untuk mengobati asma pada anak
·         Asma eksaserbasi: Oral, infus, suntik : 0,6 mg/kg sekali (maksimum dosis: 16 mg)
Dalam dosis dan sediaan apakah Dexamethasone tersedia?
Ketersediaan dosis dexamethasone adalah:
·         Konsentrasi, Oral: Dexamethasone Intensol: 1 mg/mL (30 mL)
·         Elixir, Oral: Baycadron: 0,5 mg/5 mL (237 mL)
·         Generik: 0,5 mg/5 mL (237 mL)
·         Larutan, Oral: Generik: 0,5 mg/5 mL (240 mL, 500 mL)
·         Larutan, Injeksi, natrium fosfat: Generik: 4 mg/mL (1mL, 5 mL, 30 mL)  10 mg/mL (1 mL, 10 mL)
·         Larutan, Injeksi, natrium fosfat: Generik: 10 mg/mL (1 mL)
·         Tablet, Oral:
·         DexPak 10 Hari: 1,5 mg
·         DexPak 13 Hari: 1,5 mg
·         DexPak 6 Hari: 1,5 mg
·         Generik: 0,5 mg, 0,75 mg, 1 mg, 1,5 mg, 2 mg, 4 mg, 6 mg.
Efek Samping
Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Dexamethasone?
Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat ini termasuk:
·         Masalah tidur (insomnia)
·         Perubahan suasana hati
·         Jerawat, kulit kering, penipisan kulit, memar atau perubahan warna kulit
·         Penyembuhan luka yang lambat
·         Keringat berlebih
·         Sakit kepala, pusing, sensasi berputar-putar
·         Mual, sakit perut, kembung
·         Kelemahan otot  atau
·         Perubahan dalam bentuk atau lokasi lemak tubuh (terutama di lengan, kaki, wajah, leher, dada, dan pinggang).
Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.
Pencegahan & Peringatan
Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Dexamethasone?
Sebelum menggunakan dexamethasone,
·         Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap dexamethasone, aspirin, tartrazine (pewarna kuning di beberapa makanan olahan dan obat-obatan), atau obat lain
·         Beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep yang  Anda gunakan terutama antikoagulan (pengencer darah) seperti warfarin (Coumadin), obat arthritis, aspirin, siklosporin (Neoral, Sandimmune), digoxin (Lanoxin), diuretik, efedrin, estrogen (Premarin), ketoconazole (Nizoral), kontrasepsi oral, fenobarbital, fenitoin (Dilantin), rifampin (Rifadin), teofilin (Theo-Dur), dan vitamin.
·         Jika Anda memiliki infeksi jamur (selain pada kulit Anda), jangan menggunakan dexamethasone tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda
·         Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit hati, ginjal, usus, atau penyakit jantung, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif, tekanan darah tinggi, gangguan jiwa, myasthenia gravisosteoporosis, infeksi mata, herpes, kejang tuberkulosis (TB), atau ulkus (luka)
·         Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu mengonsumsi dexamethasone, hubungi dokter Anda
·         Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi,  Beri tahu dokter atau dokter gigi Anda tentang penggunaan dexamethasone
·         Jika Anda memiliki riwayat ulkus atau menggunakan aspirin dosis tinggi atau obat arthritis lainnya, batasi konsumsi minuman beralkohol saat menggunakan  obat ini. Dexamethasone membuat perut dan usus lebih rentan terhadap efek iritasi alkohol, aspirin, dan obat arthritis tertentu: efek ini meningkatkan risiko bisul
Apakah Dexamethasone aman untuk ibu hamil atau menyusui?
Tidak ada studi memadai yang dilakukan pada wanita hamil sehingga efeknya tidak bisa diketahui dengan pasti. Namun, penelitian pada hewan telah menunjukkan efek yang merugikan dari penggunaan dexamethasone pada hewan yang hamil, sehingga dexamethasone dianggap mungkin berisiko bagi ibu hamil dan menyusui.
Pertimbangkan manfaat dan risiko yang mungkin akan didapatkan sebelum menggunakan obat ini saat menyusui.
Interaksi
Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Dexamethasone?
Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker.
Ketika Anda menggunakan obat ini, penting untuk dokter mengetahui bahwa Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang terdaftar di bawah ini. Obat-obatan berikut ini dipilih karena dianggap berpotensi mengalami interaksi yang signifikan dengan dexamethasone, namun daftar obat di bawah ini tidak mencakup semua obat yang mungkin berinteraksi dengan dexamethasone. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.
Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin memutuskan untuk tidak menangani Anda dengan obat ini atau mengubah beberapa obat lain yang telah Anda gunakan.
·         Artemether
·         Daclatasvir
·         Praziquantel
·         Rilpivirine
·         Rotavirus Vaccine, Live
Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau frekuensi penggunaan salah satu satu atau kedua obat.
·         Aldesleukin
·         Aripiprazole
·         Axitinib
·         Boceprevir
·         Bosutinib
·         Bupropion
·         Carbamazepine
·         Ceritinib
·         Clarithromycin
·         Clozapine
·         Cobicistat
·         Crizotinib
·         Dabrafenib
·         Darunavir
·         Dasatinib
·         Doxorubicin
·         Doxorubicin Hydrochloride Liposome
·         Efavirenz
·         Eliglustat
·         Elvitegravir
·         Enzalutamide
·         Eslicarbazepine Acetate
·         Etravirine
·         Fosamprenavir
·         Hydrocodone
·         Idelalisib
·         Imatinib
·         Itraconazole
·         Ivabradine
·         Ixabepilone
·         Lapatinib
·         Mitotane
·         Nevirapine
·         Nifedipine
·         Nilotinib
·         Nimodipine
·         Piperaquine
·         Pixantrone
·         Primidone
·         Ritonavir
·         Rivaroxaban
·         Romidepsin
·         Siltuximab
·         Sunitinib
·         Telaprevir
·         Temsirolimus
·         Thalidomide
·         Ticagrelor
·         Topotecan
·         Vincristine Sulfate
·         Vincristine Sulfate Liposome
·         Vortioxetine
Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau frekuensi penggunaan salah satu atau kedua obat.
·         Alatrofloxacin
·         Alcuronium
·         Aminoglutethimide
·         Aprepitant
·         Aspirin
·         Atracurium
·         Balofloxacin
·         Caspofungin
·         Cinoxacin
·         Ciprofloxacin
·         Clinafloxacin
·         Enoxacin
·         Fleroxacin
·         Fluindione
·         Flumequine
·         Fosaprepitant
·         Fosphenytoin
·         Gallamine
·         Gemifloxacin
·         Grepafloxacin
·         Hexafluorenium
·         Levofloxacin
·         Licorice
·         Lomefloxacin
·         Metocurine
·         Moxifloxacin
·         Netupitant
·         Norfloxacin
·         Ofloxacin
·         Ospemifene
·         Pancuronium
·         Pefloxacin
·         Phenobarbital
·         Phenytoin
·         Prulifloxacin
·         Rifampin
·         Rifapentine
·         Rosoxacin
·         Rufloxacin
·         Saiboku-To
·         Sparfloxacin
·         Temafloxacin
·         Tosufloxacin
·         Trovafloxacin Mesylate
·         Vecuronium
·         Warfarin
Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Dexamethasone?
Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.
Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Dexamethasone?
Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:
·         Katarak
·         Gagal jantung bawaan
·         Sindrom Cushing (masalah kelenjar adrenal)
·         Diabetes
·         Infeksi mata
·         Retensi cairan
·         Glaukoma
·         Hiperglikemia (gula darah tinggi)
·         Hipertensi (tekanan darah tinggi)
·         Infeksi  (misalnya, bakteri, virus, jamur)
·         Perubahan mood, termasuk depresi
·         Miastenia gravis (kelemahan otot yang parah)
·         Osteoporosis (tulang lemah)
·         Maag lambung, aktif atau riwayat
·         Perubahan kepribadian
·         Masalah perut atau masalah usus (misalnya, diverticulitis, ulcerative colitis)
·         Tuberkulosis, tidak aktif — Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk
·         Infeksi jamur
·         Infeksi mata herpes simplex — Tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini
Overdosis
Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?
Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.
Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?
Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar dosis yang tertinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar